• Inas024

"Untukmu", Video Musik Kolaborasi Iwan Fals dan Nadin Amizah


Iwan Fals membuat video klip lagu baru berjudul Untukmu. Lagu ini merupakan salah satu lagu yang diambil dari album "Pun Aku". Album tersebut telah dirilis pada September 2021. Nadin Amizah yang merupakan salah satu musisi yang terlibat dalam penggarapan album Pun Aku sebagai penyanyi tamu mendapat peran lain sebagai sutradara. Dikutip dari CNN dalam acara nonton bareng video klip melalui Instagram Live, Iwan Fals dan Nadin Amizah menceritakan awal mula kerja sama di antara mereka. Nadin menuturkan, proses tersebut bermula ketika Cikal, anak sekaligus manajer Iwan Fals menawarkan Nadin untuk berkolaborasi bersama ayahnya.


"Cikal (produser) minta aku untuk menjadi sutradara video klipnya. Tapi sebenarnya, aku sedang tidak fleksibel soal eksekusi kreatif. Jadi, aku perlu untuk mengajak Sendry Alvin untuk menjadi sutradara. Aku jadi co-director aja," ujar Nadin dikutip dari ANTARA, Selasa, 15 Februari.


Kemudian, Iwan Fals dan Nadin Amizah menceritakan makna di balik Untukmu. Menurut Iwan Fals, Untukmu berusaha menyampaikan suatu pertanyaan abadi tentang makna di balik keberadaan manusia di dunia. Nadin juga mengungkapkan jawaban yang senada, ia menyebutkan bahwa manusia merupakan entitas yang linear dan selalu mempunyai masalah atau persoalan di setiap masa.


Selain itu, Nadin menuturkan alasan di balik penayangan video musik yang bertepatan dengan Hari Valentine karena hari perayaan tersebut cocok dengan "Untukmu" yang memberikan pesan kasih sayang antara orang dewasa dengan anak kecil yang naif dan polos. "Lagu ini menjadi pesan antara orang dewasa yang menuntun anak muda dengan penuh kasih dan cinta," ungkap Nadin. Video musik yang berdurasi lebih dari 5 menit itu menampilkan anak-anak kecil sebagai tokoh utama. Mereka ditampilkan sebagai seseorang yang polos, lugu, dan bebas.