• Indomusikgram

Road to IMEX - Siap hadirkan Festival dan pameran World Music satu-satunya di Asia tahun depan

Mimpi untuk menyelenggarakan World Music Expo semakin dekat. Itulah tolak ukur kesuksesan yang telah dicapai dari Road to IMEX 2020 yang diselenggarakan pada tanggal 11-18 Oktober 2020 di Puri Langon & Akasha Resort, Ubud Bali. Selama tujuh hari penyelenggaraan, acara ini telah ditonton 3000/ hari baik yang menyaksikan langsung maupun melalui live streaming via YouTube di seluruh dunia.

“Target dari IMEX yang akan berlangsung tahun depan ialah mampu menyamai World Music, Arts & Dance (WOMAD) dan World Music Expo (WOMEX) yang sudah berlangsung lama di Eropa. Dengan konsep berupa festival, showcase, dan talk show dalam satu kesatuan, ini akan menjadi pertama dan satu-satunya di Asia,” ucap Franki Raden, Direktur Artistik dari IMEX.



WOMEX sendiri merupakan Pameran World Music yang turut mengintegrasikan showcase, pameran jual beli, konferensi, screening film, hingga awarding. Ajang ini juga menjadi tempat para pelaku industri musik dunia untuk menjalin relasi dari berbagai negara sejak 2009. Sedangkan WOMAD ialah arts festival international yang pertama kali berlangsung di Inggris dan telah menyebar ke seluruh penjuru Eropa.

Road To IMEX kali ini menghadirkan 15 musisi etnik lokal dari beragam daerah di Indonesia. Masing-masing dari mereka mewakili musik etnik dari setiap daerah dan dibumbui nuansa musik kekinian. Seperti Hawaiian Teluk Ambon dari Maluku, Jegog Suar Agung dan Kunokini dari Bali, Suarasama dan Riau Rhythm dari Sumatera, Hingga nama besar Iwan Fals yang berkolaborasi dengan Ino Ensamble dari Jakarta. “Selain reputasi mereka sudah terkenal di luar negeri, saya mengundang mereka sekaligus memperkenalkan mereka ke masyarakat kita yang jarang atau bahkan belum pernah menyaksikan mereka live,” lanjutnya.

Melalui acara ini pula, IMEX diharapkan dapat menjaring banyak pecinta musik mainstream agar bisa mengenal beragam musik etnik Indonesia dari penampilan 15 grup etnik lokal tersebut. Selain itu, diharapkanexposurekepada dunia internasional lebih mudah tercapai dan musik Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. “Yuk saksikan live event IMEX yang akan berlangsung pada 1-4 Juli 2020 di Gianyar, Ubud Bali. Ini akan menjadishowcaseserta World Music festival satu-satunya di Asia. Pastinya, seru sekali!” ajak Franki.