• Inas024

Rayakan 19 Tahun Perjalanan Musik Mereka, D'MASIV Rilis Album "TIME"!


19 tahun bukan waktu yang singkat untuk eksis di dunia musik. Oleh sebab itu D'MASIV ingin merayakan perjalanan panjang mereka melalui "TIME", album ketujuh band pop asal Jakarta tersebut. Dirilis oleh Musica Studio's pada 25 Februari 2022, "TIME" merupakan rangkuman kebersamaan Rian Ekky Pradipta (vokal), Dwikky Aditya Marsall alias Kiki (gitar), Nurul Damar Ramadhan atau Rama (gitar), Rai Dinata (bass), dan Wahyu Piaji (drum) sejak tahun 2003 hingga saat ini.


“Kenapa 'TIME'? Itu sesuai banget dengan keadaan: kami kerjakan pas pandemi, kami punya banyak waktu untuk bisa banyak mengobrol serta memikirkan band ini akan jadi apa ke depan. Ada sedikit rasa emosional terhadap keadaan, orang banyak kehilangan di masa itu, ada yang merasa punya banyak waktu buat keluarga, ada juga yang menyesal enggak bisa punya waktu banyak lalu sudah ditinggal pergi oleh orang terkasih di masa pandemi,” kata

Rama tentang judul albumnya.


Tak salah D’MASIV pernah menamakan album pertamanya "Perubahan", karena selalu ada hal-hal yang berbeda di tiap album, dan begitu juga dengan ke-10 lagu yang ada di "TIME".


“Banyak energi baru di album ini yang bisa kalian rasakan ketika mendengar semua lagunya,” kata Rai. Bahkan cover album "TIME" sangat berbeda dari biasanya; kalau cover album-album sebelumnya menampilkan sosok kelima personelnya, kali ini D’MASIV mengajak Dmaz Brodjonegoro untuk membuat lukisan yang berisi simbol-simbol perjalanan hidup mereka. “Ada tentang pertaruhan, cinta, keberuntungan, harapan, kejayaan. Semua kami tuangkan di kover album ini,” kata Rian.


Salah satu hal baru yang terjadi di TIME adalah proses pengerjaan albumnya yang tidak berlangsung di studio, melainkan di kediaman Rian di Jakarta dan Omahe Kancaku milik Oni Krisnerwinto di Yogyakarta. “Kami mengerjakannya di rumah, santai, tidak terpatok waktu. Kalau tiba-tiba enggak mood, ya sudah, kami santai-santai dulu. Kalau tiba-tiba ada tukang bakso di depan rumah, kami makan bakso dulu. Jadi tidak terkekang oleh sif studio,” kata Kiki.


Karakter musik D’MASIV juga cukup berubah pada album TIME. Menurut Rama, “Kontras banget dengan album D’MASIV yang lain, Kedengaran banget musiknya lebih rapat, musik dan vokal serta backing vocal yang lebih groove. Sekilas terdengar seperti musik di era ‘80-’90-an.” Rasa yang berbeda ini didukung suara drum Wahyu yang sepenuhnya diisi secara elektronik tanpa drum akustik, sehingga lagu-lagu seperti “Lagu Untukmu”, “Waktu yang

Menjawab”, “Terlalu Tinggi”, “Perawan” dan “Perempuan Tangguh” terdengar segar tanpa kehilangan ciri khas musik D’MASIV yang mudah diterima telinga.


Hal baru lainnya juga terdapat di “Side by Side”, lagu pertama D’MASIV yang sepenuhnya berbahasa Inggris. “Saya dikirim musik, nada vokal dan judul ‘Side by Side’ lewat WhatsApp. Sejam kemudian liriknya sudah beres dan dikirim balik. Lalu saat rekaman vokal, Rian bekerja keras untuk memastikan pelafalannya tepat,” kata Hasief Ardiasyah, penulis lirik “Side by Side”. Lagu ini juga dimeriahkan oleh Qorygore yang menulis dan mengisi bagian rap. “Warna vokalnya sebagai rapper menurut kami cukup unik, dan bisa dibilang lagu ini menunjukkan bahwa D’MASIV era baru telah hadir,” kata Rian.

Sebagai band yang sudah berjalan cukup lama, D’MASIV sudah punya kedewasaan untuk menyadari bahwa tak semua orang akan menyukai berbagai perubahan yang dialami dalam perjalanan mereka yang panjang itu. “Gue berharap orang bisa berkomentar jujur dengan album ini setelah dengar. Kalau enggak suka, ya boleh lah,” kata Wahyu.


“Kami ingin album ini menjadi warisan untuk D’MASIV sendiri dan anak cucu kami,” kata Rian.


“Harapannya album ini tidak hanya menemani hidup kalian, tapi juga menjadi sesuatu yang bisa kalian omongkan terus sampai kapan pun. Menjadi cerita untuk kalian ceritakan lagi ke generasi yang akan datang juga,” lanjutnya.


Seluruh lagu dalam album TIME dari D’MASIV bisa didengarkan di seluruh platform musik digital yaitu Spotify, Apple Music, JOOX, Langit Musik, Youtube Music, Noice dan Resso. Untuk official music video nya dapat disaksikan di Youtube Musica Studio’s.