• Inas024

Pamungkas Akhirnya Angkat Suara Hingga "Birdy" Rilis Kembali dengan Lirik Baru


Pamungkas baru-baru ini ramai dibicarakan usai merilis singel terbarunya, “Birdy”. Lirik dalam lagu “Birdy” diduga menjiplak salah satu puisi karya penyair asal Amerika Serikat, Charles Bukowski yang berjudul “Bluebird”. Puisi tersebut temasuk dalam kumpulan puisi "The Last Night of the Earth Poems" karya Charles Bukowski. Awalnya, tudingan plagiarisme yang dilakukan Pamungkas terungkap dari cuitan salah satu pegiat puisi yang menekuni karya Charles Bukowski, Hamzah Muhammad. Hamzah Muhammad sendiri dikenal sebagai salah satu pengamat sastra dan diketahui telah menerjemahkan beberapa kumpulan buku puisi Charles Bukowski beberapa tahun belakangan ini.


Saat berbincang secara live di YouTube Armand Maulana, Pamungkas mengaku belum bisa banyak memberikan tanggapan mengenai isu plagiarisme tersebut. Menurutnya, tudingan tersebut terlalu sensitif ketika harus dibahas saat ini.


"Gue pilih untuk menahan dulu. Terlalu sensitif. Tujuan gue cuma pengen main musik aja, melakukan yang gue cinta. Gue enggak niat untuk akhirnya booming, gue bikin aja, kebetulan lagunya begini. Ada ekspektasi gue enggak boleh lakukan kesalahan," ungkap Pamungkas dikutip dari kanal YouTube Armand Maulana. Pelantun “To The Bone” itu bersiasat akan menjawab semua tudingan tersebut lewat album keempatnya. "Jadi untuk menjawab, akan terjawab ketika album (keempat) keluar. Cuma yang bisa dijelaskan, album ini yang menolong gue (bermusik lagi setelah ingin berhenti) untuk lanjut. Ya, kita tunggu aja lah," tutur Pamungkas.

Pamungkas kemudian mengganti lirik lagu “Birdy” dan merilis ulang di kanal YouTube-nya. “Birdy” kembali dirilis pada 9 Februari 2022 dini hari dan hingga saat ini telah ditonton lebih dari 9000 kali. Banyak warganet yang menyadari pergantian lirik tersebut dan memberi berbagai respon untuk Pamungkas.


"'maybe it's for the best for everyone, lights so fresh now'. 'Before the world judge me again'. Highlight bgt lah pas disini. keep doing a great job mas. Anything happen yesterday, make it a lesson for tomorrow n later mas" tulis akun Muhammad Fadillah.


"For whatever reason, be it the old version or new (birdy), I am still amazed. Liriknya pas sama apa yg ku rasa. just keep doing what u love Pam. keep producing music to cheer up our day." tulis akun chelsymeredith.


"Diem-diem diganti karena udah ketauan di twitter wkwk jadiin pembelajaran maspam, jangan sampe ada kasus ginian lagi, udah keberapa kali ini loh hahah.Keep making great music!" tulis akun vs.