• Inas024

Mengenang Kembali Soundtrack Film dan Sinetron "Lupus" dari Masa ke Masa!


Hilman Hariwijaya yang merupakan penulis novel Lupus meninggal dunia pada Rabu (9/3/2022) pukul 08.02 WIB. Hilman Hariwijaya banyak menemani perjalanan remaja di era '80-an. Lupus merupakan novel yang meledak pada masa itu. Ia terkenal dengan trio penulis novel Lupus bersama Gusur Adhikarya dan Boim Lebon.


Pria kelahiran 1964 ini memiliki segudang karya yang membanggakan, namanya dikenal sejak menulis kisah pendek yang diberi judul "Lupus" di majalah Hai pada Desember 1986. Kisah pendek ini kemudian dibukukan menjadi suatu novel. Ia juga merupakan menulis skenario dari sinetron Cinta Fitri (Season 2 - Season 3) yang dikenal banyak kalangan.


Bicara soal salah satu karyanya, "Lupus" memang merupakan karya dari Hilman Hariwijaya yang sangat terkenal. Lupus adalah seorang tokoh laki-laki yang berprofesi sebagai pelajar dan wartawan muda di majalah Hai kala itu. Seri "Lupus" telah menghasilkan 5 film layar lebar dan sinetron dari 52 bukunya. Film dan sinetron "Lupus" juga semakin ikonik dengan lagu-lagu soundtrack yang mengisi. Berikut adalah soundtrack "Lupus" dari masa ke masa:


1987: "Lupus" - Hari Mukti

Berawal dari cerpen karya Hilman Hariwijaya di majalah Hai dan dibukukan menjadi sebuah novel yang laku keras di era tahun 80-an. Maka dibuatlah "Lupus" versi layar lebar yang berjudul "Tangkaplah Daku Kau Kujitak". Walau judul ini hampir sama dengan film komedi pada tahun 1986, "Kejarlah Daku Kau Kutangkap", tetapi antara kedua film ini tidak berkaitan sama sekali karena film ini mengisahkan tentang pelajar kelas 2 SMA yang bernama Lupus.


Kemudian di tahun yang sama juga rilis Lupus II yang berjudul "Makhluk Manis dalam Bis". Dibanding film "Lupus: Tangkaplah daku kau kujitak" rombongan Lupus lebih banyak terlukis. Tapi sama seperti film yang terdahulu itu, film ini tetap merupakan gabungan kelucuan yang berasal dari kejailan Lupus dkk.


1989: "Lupus" - Hilman, Gusur, Boim, dan Anto

Hilman bersama tokoh cerita dari Lupus, yakni Gusur, Anto dan Boim merilis album Lupus dengan lagu "Lupus" sebagai andalannya untuk soundtrack "Lupus III: Topi-topi Centil" yang menjadi fenomena dan laris ditonton oleh anak muda pada masanya. Karena Hilman, Gusur, Anto dan Boim bukan penyanyi, lagu ini kemudian disesuaikan dengan vokal mereka hingga menghasilkan lagu yang lebih ringan dibandingkan dengan soundtrack Lupus lainnya.


1990: "Cara Mereka" - Fariz RM

"Lupus IV" adalah album lagu tema yang digarap oleh personel WOW! yang terdiri dari Fariz RM, Iwan Madjid, Moesya Yunus. Album yang dirilis pada tahun 1990 ini memiliki single andalan yang dibawakan Fariz RM dan Iwan Madjid berjudul "Cara Mereka". "Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar" merupakan film yang dirilis pada tahun 1990. Film ini bercerita tentang Lupus yang tak diterima di universitas negeri saat lulus SMA dan melarang ibunya menjual perhiasan warisan agar Lupus bisa masuk sekolah swasta dan menutup hutang. Lupus kemudian meminta uang muka dari majalah tempatnya sering menulis dengan janji tulisan yang ia yakini bisa menarik banyak pembaca.


1990: "Sepanjang Zaman" - Nike Ardilla

Masih dari film "Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar", ada satu lagu melodius yang dinyanyikan pada acara perpisahan sekolah Lupus, "Sepanjang Zaman". Versi asli lagu ini di film dinyanyikan Nike Ardilla, tetapi untuk versi album dinyanyikan Netta KD. Lagu ini menjadi salah satu soundtrack yang terkenal pada masanya.


1999: "Kita" - Sheila On 7

Lupus Milenia adalah sinetron komedi Indonesia yang disiarkan di Indosiar pada tahun 1999 hingga tahun 2001 setiap hari Kamis pukul 19:30 WIB. Sheila On 7 dengan lagu perdana mereka berjudul "Kita" menjadi soundtrack sinetron ini. Lagu ini merupakan debut bagi Sheila On 7 pada masa itu. Di musim kedua sinetron ini menggunakan lagu "Jomblo" dari Gigi, karena diceritakan tokoh Lupus sedang menjomblo setelah patah hati ditinggal pergi oleh Poppy. Saat Lupus sudah mendapatkan kekasih baru, yakni Prudence, lagu tema sinetron ini kemudian diubah menjadi lagu "Hidupku Kan Damaikan Hatimu" dari Caffeine.


2013: "Kasih Jangan Kau Pergi" - Bunga Band

"Bangun Lagi Dong Lupus" adalah film komedi romantis remaja tahun 2013 yang merupakan adaptasi bebas dari novel Bangun Lagi Dong Lupus karya Hilman Hariwijaya. Namun, film ini ternyata merupakan "Lupus" dengan cerita baru. Hilman mengubah latar belakang tokoh-tokoh yang sudah dikenal orang sejak dulu seperti Lupus yang di film ini adalah murid baru di SMA Merah Putih.