• Indomusikgram

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik


Musik itu suatu hal yang sederhana sekaligus kompleks. Dikatakan sederhana karena musik adalah bagian dari kehidupan sehari-hari yang natural. Misal, coba hitung dalam sehari berapa kali kita mendengar nada, bersiul, atau mendendangkan lagu apapun bentuknya).


Musik juga bisa dijadikan hobi, dalam pengertian, keterampilan yang bisa dimiliki lewat rasa suka dan ingin tahu, yang tidak selalu membutuhkan pendidikan formal. Di sisi lain, belajar musik itu kompleks dan unik karena bermain alat musik melibatkan banyak aspek ketrampilan antara lain:

  • Keterampilan fisik (kemahiran teknik untuk memainkan alat musik)

  • Keterampilan musikal (pengertian akan musik dan musikalitas)

  • Keterampilan mental (keterampilan untuk menghafal, latihan secara mental, visualisasi, pendengaran mental).


Tidak dapat dilupakan juga adalah aspek musik sebagai ilmu karena musik memiliki unsur sejarah dan logika matematis melalui pengetahuan yang diperlukan untuk mampu memberi interpretasi yang tepat untuk berbagai jenis musik, pemahaman teori dan unsur ritmik dalam musik yang memerlukan kemampuan otak kiri.


Musik yang adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, memiliki kemampuan untuk mengembangkan kepribadian seseorang untuk mengerti lebih jauh identitasnya sebagai manusia karena lewat musik, terutama musik klasik, dapat dikembangkan aspek, aspek kepribadian secara menyeluruh.

Musik klasik merupakan jenis-jenis musik yang memiliki nilai seni yang tinggi. Musik klasik telah ada sejak lama dengan susunan not dan nada yang indah serta tidak menciptakan rasa bosan bagi pendengarnya. Musik ini juga sering disebut sebagai musik sepanjang masa karena masih bisa dinikmati hingga kini.


Bagi kamu yang penasaran dengan musik klasik, kamu bisa langsung dengan mudah mencari dan mendengarkannya di Youtube. Sementara kamu mendengarkan musiknya, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 5 manfaat musik klasik yang perlu kamu tahu, salah satunya bisa meredakan stres dan melatih konsentrasi. Inilah manfaat selengkapnya.


1. BISA MEMBUATMU LEBIH TENANG

Manfaat musik klasik yang pertama ialah dapat memberimu ketenangan ketika mendengarkannya. Rasanya seperti tekanan darah kamu menjadi rendah dan kamu merasa jauh lebih rileks. Hal ini juga membuat jantung bisa bekerja lebih tenang dan pastinya apabila kamu sedang merasa stres, maka stres yang kamu rasakan juga mudah hilang.


Selain itu, mendengarkan musik klasik juga membantu mengurangi rasa gelisah, hal ini terjadi karena ketika kamu sedang mendengarkan musik, kadar darah didalam tubuh menurun. Tidak hanya kadar darah, jantung juga dapat merespon frekuensi musik klasik. Jantung mengikuti ritme musik.


2. MELATIH KEMAMPUAN OTAK

Manfaat musik klasik selain membuat kita merasa lebih tenang, mendengarkannya juga dapat membantu melatih kemampuan otak. Hal ini dikarenakan musik dapat merangsang perkembangan sel-sel otak yang sangat penting pada masa tumbuh kembang . Saat yang paling pesat yaitu terjadi pada awal masa kehamilan hingga bayi berumur tiga tahun.


Karena manfaatnya yang dapat membuat kerja otak lebih optimal, musik klasik menjadi siaran wajib dibanyak tempat bimbingan belajar. Mereka sengaja memperdengarkan musik klasik agar siswa siswinya bisa fokus pada bahan ajaran sekaligus lebih berkonsentrasi


3. MEMANCING RASA EMOSIONAL

Manfaat musik klasik yang perlu kamu tahu selanjutnya ialah dapat memancing rasa emosional seseorang. Studi yang dilakukan oleh Universitas Southern Methodis mengadakan penelitian pada orang dengan cara meminta responden menulis cerita spesifik dalam kehidupannya.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang mendengarkan musik klasik saat bercerita, akan lebih terbawa emosi dan terbuka. Hal ini terjadi karena pada saat menulis sambil mendengarkan musik, alunan musik memengaruhi emosi responden untuk mengingat semua peristiwa dan tanpa sadar menjadi terbuka untuk menceritakannya maupun menuliskannya.


Manfaat ini juga biasa dimanfaatkan oleh para psikolog sebagai terapi bagi pasiennya, biasanya mereka akan menyetel musik klasik untuk memancing pasiennya berbicara. Tentunya musik klasik akan memancing emosi pasien untuk mengingat kembali apa yang sudah terjadi dan juga membuatnya berkata jujur.


4. MEREDAKAN KECEMASAN

Manfaat musik klasik yang perlu kamu tahu adalah mampu meredakan tingkat kecemasan seseorang. Terhubung dengan penjelasan sebelumnya, kita mengetahui bahwa musik klasik dapat membuat seseorang merasa tenang, maka dari itu, ia juga mampu meredakan kecemasan seseorang.


Biasanya orang yang sedang mengalami kesedihan atau ketakutan akan sesuatu sehinggan membuatnya merasa cemas dan gelisah akan mendengarkan musik-musik yang bernada tenang, seperti musik klasik. Tujuannya agar ia mendapatkan sugesti ketenangan dari musik yang didengarkan.


5. MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Manfaat musik klasik yang perlu kamu tahu adalah mampu meningkatkan produktivitas. Ada orang-orang yang hanya bisa mengerjakan sesuatu jika sambil mendengarkan musik dan tentunya musik klasik adalah alternatif terbaik. Selain ritmenya yang tenang, kamu juga tetap bisa fokus mengerjakan tugasmu tanpa takut terganggu atau terdistraksi.


Biasanya metode ini digunakan oleh para karyawan atau pelajar dalam menyelesaikan tugas mereka. Agar tidak mudah bosan, mereka mendengarkan musik seperti musik klasik, instrumen, serta musik lainnya agar tetap menikmati momen pekerjaan mereka dalam waktu lama tanpa perlu merasa penat dan mengantuk.