• dede420

Live Aid, Konser Musik Amal Dunia Terbesar Yang Diadakan 36 Tahun Lalu!


Live Aid, Adalah sebuah konser musik akbar yang diadakan tanggal pada tanggal 13 Juli 1985.


Konser ini diinisiasi oleh musisi sekaligus aktivis kemanusiaan, Bob Geldof untuk menggalang dana bagi warga Ethiopia yang dilanda kelaparan super hebat pada tahun 1983-1985.


Sebanyak 75 musisi (solois, duo, band, dll) berpartisipasi dalam konser yang diadakan di 2 lokasi ini, yaitu di Wembley Stadium, London, Inggris (dihadiri sekitar 72.000 orang) dan John F. Kennedy Stadium, Philadelphia, Amerika Serikat (dihadiri sekitar 90.000 orang). Selain itu, konser tambahan juga diadakan di Sydney dan Moskwa.


Pertunjukan musik terbesar tersebut menampilkan musisi ternama termasuk Rick Springfield, Madonna, Elton John, David Bowie, Paul McCartney, dan U2.


Konser Live Aid tercatat dalam sejarah sebagai siaran langsung terbesar dalam sejarah pertelevisian, dengan sekitar 1,9 miliar pemirsa di 150 negara yang menyaksikan tayangan ini secara langsung di televisi.


Yang luar biasa, Kesuksesan konser amal ini melebihi harapan penyelenggaranya waktu itu. Harvey Goldsmith selaku promotor pertunjukan Live Aid mengaku konser ini awalnya hanya diperkirakan meraih 1 juta pound (AS$ 1,89 juta), tetapi akhirnya berhasil mengumpulkan 150 juta pound (AS$ 283,6 juta).


Konser ini juga disebut-sebut sebagai tanda kembalinya ikon rock, Freddie Mercury ke band Queen, yang ingin membuktikan dirinya saat tampil di panggung Live Aid. Dalam pertunjukan itu Queen tampil 22 menit, membawakan enam lagu, dimulai dengan "Bohemian Rhapsody" lalu "Radio Ga Ga", "Hammer To Fall", "Crazy Little Thing Called Love", "We Will Rock You", dan "We Are The Champions" sebagai penutup yang membangkitkan semangat.


Mercury, yang berusia 38 tahun saat tampil Live Aid, didiagnosis HIV pada tahun 1987 dan meninggal karena komplikasi terkait AIDS pada tahun 1991.


Tonton cuplikan konser "Live Aid" pada tautan di bawah: