• Inas024

Kritik Pemerintah, Iwan Fals Ciptakan Lagu Bertajuk "Minyak Goreng"!


Musisi senior Iwan Fals mengkritik pemerintah dalam menangani kelangkaan minyak goreng melalui lagu bertajuk, Minyak Goreng, yang dirilis beberapa waktu lalu. Lewat lagu yang diciptakan bersama Raja Pane, musisi kelahiran 1961 ini menyoroti situasi di masyarakat yang kesulitan mendapatkan minyak goreng.

"Minyak goreng menguap. Hilang dan lenyap di pasar. Semua Ibu-ibu menggerutu (pun bapak-bapaknya sudah barang tentu). Kocar Kacir di pasar-pasar," penggalan lagu Minyak Goreng dari Iwan Fals.

Dalam lagu itu, Iwan juga menyinggung sejumlah hal lain, seperti pihak-pihak yang menyebabkan kelangkaan minyak goreng.

"Aneh rasanya kok bisa hilang. Kalau pun ada harganya selangit. Usut punya usut ternyata ditimbun. Oleh Siapa? Konon oleh tujuh konglomerat tambun."

Lebih lanjut, Iwan bahkan menyinggung pemerintah hingga aparat yang ikut mempermainkan harga minyak goreng.

"Aku kesal, kok konglomerat tega? Aku resah, kok polisi tak berdaya? Aku marah, kok pemerintah begitu mudah dipermainkan? Aku geram, kok kasus itu terus berulang?," lirik lagu itu. Di akhir lagunya, Iwan juga menyayangkan betapa banyak kelapa sawit Indonesia yang justru dijual ke luar negeri.

"Katanya lagi biasa pak menjelang bulan puasa...lah padahal puasa kok naik....," lanjutnya.

Usia 60 tidak menyurutkan semangat Iwan Fals untuk tetap membuktikan eksistensinya sebagai salah satu penyanyi yang tetap berkarya selama pandemi. Selain lagu "Minyak Goreng", tahun lalu ia merilis album baru bertajuk "Pun Aku" bertepatan di hari ulang tahunnya ke-60 pada 3 September 2021.

Lagu "Minyak Goreng" ia rilis di channel YouTube Iwan Fals Official pada 7 Maret 2022 dan sudah ditonton sebanyak 64 ribu kali.