• Inas024

Kanye West Mundur dari Coachella, The Weeknd dan Swedish House Mafia Gantikan jadi Headliner!


Pada 6 April 2022, penyelenggara acara untuk Festival Musik dan Seni Coachella Valley di Indio, California, AS mengumumkan bahwa The Weeknd dan Swedish House Mafia akan menggantikan Kanye sebagai headliner. Sebuah postingan Instagram pada Selasa (6/4/2022) berisi poster dengan lineup baru dan dilengkapi caption "The Party & The After Party".

Pengungkapan lineup baru datang dua hari setelah Kanye keluar dari posisinya sebagai headliner di Coachella, belum ada keterangan mengenai alasannya mundur. Menurut laporan dari Variety pada Selasa (5/4), Kanye West menilai dirinya tidak memiliki cukup persiapan dan latihan. Namun merujuk pada kutipan yang diambil melalui CNN, Senin (4/4) waktu AS, ia merasa tidak siap untuk tampil di atas panggung bersamaan dengan konflik proses perceraiannya dengan Kim Kardashian.

Selain itu, batalnya West untuk tampil di Coachella diyakini juga buntut pertikaian dengan host "The Daily Show" Trevor Noah. Pada beberapa minggu terakhir, akun Instagram Kanye West sempat dinonaktifkan selama 24 jam akibat unggahan bernada rasis kepada Noah. Unggahan itu muncul setelah pembawa acara itu menyatakan kepeduliannya atas kisruh Kanye West dan Kim Kardashian. Atas rentetan kekisruhan itu, Kanye West yang kini ingin dikenal dengan nama "Ye" juga batal untuk naik ke panggung Grammy Awards 2022. West pun tidak menghadiri ajang penghargaan itu meski berhasil menyabet dua piala. Kanye West merupakan kolaborator utama dari Travis Scott karena mereka pernah menjadi saudara ipar. Tak hanya Kanye, musisi Travis Scott yang tampil sepanggung juga ikut batal.


The Weeknd dan Swedish House Mafia baru merilis "Moth to a Flame", mereka juga berada dalam manajemen yang sama. Kembalinya Swedish House Mafia dapat menjadi pembuka (tidak resmi) untuk album baru mereka, "Paradise Again" yang akan dirilis pada 15 April.


Coachella sendiri adalah festival tahunan selama tiga hari yang mempertemukan ribuan penggemar musik dari seluruh negeri untuk menikmati beragam artis. Lineup tahun ini juga akan menyertakan Billie Eilish, Harry Styles, Big Sean, Megan Thee Stallion, Doja Cat, dan banyak artis lainnya.