• dellaalvanda26

Desa Bersiul: Menggunakan Lagu Sebagai Nama Panggilan


Kongthong, sebuah desa yang merupakan bagian dari New Delhi, India memiliki kebiasaan yang sangat unik. Berbeda dengan kebiasaan umum dimana memanggil orang dengan sebutan nama, desa ini memilih untuk menggunakan alunan nada sebagai panggilan.


Kongthong dikenal dengan keindahan alam, keramahan penduduk, serta kearifan lokal yang berupa lagu. Setiap bayi yang lahir akan memiliki nama, serta lagu yang akan terus digunakan selama mereka hidup. Melihat tradisi tersebut, tidak heran desa ini mendapat julukan, Desa Bersiul.


Tradisi ini dinamakan Jingrwai Iawbei. Pemberian lagu kepada soerang anak dianggap dapat menjauhkan mereka dari roh jahat saat berburu di hutan.


Mengutip dari BBC, warga Desa Kongthong juga menganggap bahwa lagu tersebut diciptakan sebagai bentuk ekspresi cinta dan kebahagiaan dari seorang ibu atas kelahiran anaknya.


Setiap warga memiliki lagu versi panjang dan pendek, yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Lagu tersebut dipelajari oleh sesama warga Kongthong dengan mendengar dan menyanyikannya sercara teratur sampai mereka hapal.