• Inas024

Daddy Yankee "Despacito" Nyatakan Pensiun dari Industri Musik!


Daddy Yankee menyatakan dirinya pensiun dari musik setelah 32 tahun berkecimpung di industri musik. Pada 20 Maret, perintis Reggeaton berusia 45 tahun ini mengumumkan kabar tersebut dalam pesan video yang emosional di akun YouTube-nya, ia mengatakan bahwa karirnya bagaikan maraton tetapi dia akhirnya ia melihat garis finis.


"Sekarang saya bisa menikmati semua yang telah kalian berikan kepada saya," katanya dalam bahasa Spanyol.


"Genre ini, orang-orang mengatakan bahwa saya yang membuatnya mendunia, tetapi kalian yang memberi saya kunci untuk membuka pintu untuk menjadikan genre ini yang terbesar di dunia. Saya akui bahwa ini adalah harta terbesar yang bisa saya miliki di karir saya."


Yankee melanjutkan dengan menjelaskan bagaimana dia selalu ingin menginspirasi anak-anak untuk bermimpi besar dan tidak khawatir tentang batasan apa pun, dan itulah yang dia lakukan selama ini.


“Di lingkungan tempat kami besar, mayoritas dari kami ingin menjadi pengedar narkoba. Sekarang ketika saya berkunjung, mayoritas dari mereka ingin menjadi penyanyi, jadi bagi saya, ini sangat berarti,” katanya.


Bersamaan dengan berita pensiunnya, Yankee mengumumkan album mendatangnya yang bertajuk "Legendaddy," dan tur dunia yang menyertainya, "La ltima Vuelta". "Legendaddy" yang dirilis pada 24 Maret, sementara tur perpisahannya dimulai di Amerika Serikat pada 10 Agustus dan berakhir di Meksiko pada 10 Desember tahun ini.


Meskipun Yankee tidak mengungkapkan alasan pasti ia pensiun, Yankee tampaknya mengisyaratkan hal itu ketika dia diangkat ke dalam Billboard Latin Hall of Fame tahun lalu.


"Seperti yang kalian semua tahu, saya berusia 15 tahun dengan mimpi besar ketika saya mulai seperti beberapa dari kalian saat ini. Dan saya butuh tiga dekade untuk memahami bahwa dengan disiplin, kebijaksanaan, dan tekad kita dapat sampai pada saat ini. Ini tentang bakat dan kerja keras," katanya dalam sambutannya.


"Saya tidak pernah berpikir saya akan menjadi artis urban pertama yang menerima penghargaan ini dan dilantik ke dalam Billboard Latin Hall of Fame."


Yankee melanjutkan, "Salah satu tujuan terbesar saya sebagai seniman adalah untuk menyatukan bangsa, generasi, bahasa, dan kebangsaan yang berbeda. Dan saya melakukannya dalam bahasa ibu saya, Spanyol. Saya selalu memiliki visi ini. Saya tidak pernah goyah, saya tidak pernah kehilangan fokus. Saya tidak punya kata-kata, terima kasih. Puerto Rico, vamos arriba."


Selain membuka jalan bagi artis reggaeton, Yankee telah menghasilkan banyak hits selama bertahun-tahun, termasuk "Gasolina," "Dura," "Con Calma," "Despacito," "Rompe," dan banyak lagi.