• Inas024

BURGERKILL Kembali Adakan Tur Eropa Bertajuk "Roar of Chaos" Akhir Juli Mendatang!


Burgerkill adalah sebuah band metalcore yang berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Kabarnya, nama band ini diambil dari sebuah nama restoran makanan siap saji asal Amerika, yaitu Burger King, yang kemudian mereka parodikan menjadi "Burgerkill". Band ini berdiri pada bulan Mei 1995, berawal dari Eben dari Jakarta yang pindah ke Bandung untuk melanjutkan sekolahnya. Dari sekolah itulah Eben bertemu dengan Ivan, Kimung, dan Dadan sebagai line-up anggota band pertamanya. Mereka berhasil merilis single pertamanya lewat salah satu kompilasi CD band-band Bandung pada awal 1997. Pada akhir tahun 1997 mereka kembali ikut serta dalam kompilasi "Breathless" dengan menyertakan lagu "Offered Sucks" di dalamnya. Disekitar awal tahun 1999, mereka mendapat tawaran dari perusahaan rekaman independen Malaysia yaitu Anak Liar Records yang berakhir dengan deal merilis album "Three Ways Split" bersama dengan band Infireal (Malaysia) dan Watch It Fall (Perancis).


Indonesia patut bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh band asal Bandung ini. Burgerkill membuktikan kualitas mereka ketika mereka berhasil masuk dalam nominasi “Metal As Fu**” dalam Golden Gods Award 2013 versi Majalah Metal Hammer. Dalam kategori tersebut Burgerkill bersaing dengan band musik dunia lainnya seperti Sea Sepherd, Pussy Riot, Nergal, dan Jason Newsted. Sebelumnya pada tahun 2011 album “Venomous” masuk dalam review majalah Metal Hammer dengan nilai rating 8 dari 10. Ini bukan kali pertama Burgerkill mencatatkan prestasi dalam kancah Internasional, pada tahun 2009 mereka berhasil melakukan Western Australian Tour yang kemudian tampil dalam di Festival Musik internasional Soundwave Australia dan Big Day Out Australia.


Kini, Burgerkill akan melangsungkan Tur Eropanya di akhir bulan Juli ini. Pengumuman tersebut mereka sampaikan di sosial media mereka beberapa waktu lalu.


"We’re excited to announce that Burgerkill will be back to Europe again. This time is for Roar of Chaos European Tour 2022. Which show are you coming out to this summer?" tulis mereka pada caption akun instagram mereka, @burgerkillofficial.


Seperti pada poster tur mereka kali ini, "Roar of Chaos" akan berlangsung mulai 27 Juli 2022 hingga 8 Agustus 2022. Mereka akan mengunjungi Rotterdam, Budapest, Prague, dan berakhir di Amsterdam. Pengumuman ini disambut baik oleh banyak penggemarnya, terbukti pada postingan ini ada sekitar 500 lebih komentar dari berbagai penggemar mereka. Tak hanya tur ini, band yang kini digawangi Agung Hellfrog (Gitar), Ronald Alexander Radja Haba (Vokal), Puput Aceh (Drum) dan Ramdan Agustiana (Bass), juga akan tampil di panggung bergengsi bertajuk "Wacken Open Air" Jerman. Event ini sendiri merupakan salah satu festival heavy metal terbesar di dunia, juga menjadi salah satu festival terbuka terbesar di Jerman. Burgerkill akan tampil di "Wacken Open Air" pada 4 Agustus mendatang. Burgerkill bukan satu-satunya band asal Indonesia yang akan tampil di Wacken, band Indonesia lain yang ikut tampil yaitu Ludicia. Ludicia merupakan pemenang pada Final Show W:O:A Metal Battle Indonesia 2022 di De Majestic, Jalan Braga, Kota Bandung, Mei 2022 lalu.