• Indomusikgram

Anugerah Musik Indonesia "AMI Awards" Kembali Digelar dengan Tema "Spirit of Creativity"

Ajang bergengsi Anugerah Musik Indonesia "AMI Awards" kembali digelar dengan mengusung tema "SPIRIT OF CREATIVITY".

Yang membedakan AMI tahun ini dan AMI sebelumnya adalah jumlah entry yang masuk bertambah menjadi 4.645 lagu (naik 60% dibanding tahun sebelumnya). Sesuai tema tahun ini "SPIRIT OF CREATIVITY", disaat kondisi pandemi justru semangat berkreatifitas para musisi semakin meningkat.


Selain itu, pada AMI tahun ini juga ada penambahan 2 kategori baru yaitu "Karya Produksi Blues" dan "Video Musik Terbaik" yang membuat total kategori AMI tahun ini menjadi 55 kategori.


Ada banyak fakta menarik pada ajang AMI Awards tahun ini, salah satunya adalah semakin banyak musisi yang kreatif dalam membuat karya original, tak sedikit juga yang lintas genre. Misalnya yang dulunya membuat musik Folk sekarang bisa lebih ke Alternatif, yang dulunya Alternatif menjadi cenderung Pop dan sebaliknya juga seperti itu.

Untuk proses kategorisasi, AMI melibatkan 12 orang yang terdiri dari para musisi yang mewakili setiap genre musik, tugas mereka mendengarkan satu per-satu lagu dan memasukkan lagu tersebut ke dalam kamar genre-nya masing-masing.


Untuk menentukan siapa yang menjadi Nominasi dan penerima piala AMI, di-voting secara online oleh member AMI yang terdiri dari record label, media, praktisi musik dan pecinta musik yang berkesempatan untuk melakukan voting setiap tahunnya. Malam puncak perhelatan AMI ini akan diadakan pada tanggal 15 November mendatang secara offline dengan jumlah penonton terbatas dan protokol kesehatan yang ketat.


Berikut hasil wawancara kami dengan mas Igun Sudarmono selaku Head of Content AMI:





Penulis: Dede Ahmad Purnama