• Inas024

Amigdala Akhirnya Tanggapi Soal Aya Canina: "Kami Telah Lalai dan Akan Mendukung Penuh Penyintas"


Setelah Rabu malam (09/02) ramai perbincangan di berbagai sosial media mengenai pernyataan pada postingan Instagram story Aya Canina (eks vokalis band Amigdala). Akhirnya Amigdala memberi tanggapan mengenai persoalan yang membuat nama grup mereka sempat menjadi trending di Twitter. Tanggapan ini diberikan secara resmi oleh Amigdala di akun Instagram mereka, @musikamigdala.


"Kami mengakui bahwa kami telah abai dan membiarkan kekerasan terjadi sekian lama dalam tubuh kami, maka dari itu kami berkomitmen untuk belajar dan menyikapi kasus kekerasan seksual secara serius dan mengutamakan pemenuhan hak-hak penyintas."


"Kami juga ingin menambahkan bahwa sejak Juli 2021, IE (nama pelaku) sudah tidak lagi menjadi bagian dari Amigdala. Namun, kami menyadari dan mengakui bahwa kekerasan seksual yang dialami oleh Aya Canina terjadi ketika IE masih menjadi bagian dari Amigdala."


Postingan ini kemudian langsung dibanjiri berbagai respon dari netizen, hingga artikel ini ditulis setidaknya sudah ada lebih dari 1000 komentar pada postingan tersebut.


Tak lama setelahnya, Isa Elfasya (IE) turut menyampaikan permintaan maafnya lewat surat pernyataan permohonan maaf di salah satu postingan akun Instagram-nya. Ia mengaku telah beberapa kali mencoba untuk membangun komunikasi yang baik dengan Aya dengan cara beberapa kali meminta maaf. Hingga artikel ini dibuat sudah terdapat 240 komentar dari postingan permintaan maaf ini. Terlihat banyak netizen yang kecewa dan marah dengan tindakan Isa terhadap Aya.


Aya pun langsung memberikan tanggapan lewat Instagram story-nya tak lama setelah Amigdala serta Isa membuat pernyataan.


"Dalam instastory saya kemarin, saya menekankan hal ini. Posisi enabler sama dengan pelaku kekerasan. Malah kalau boleh jujur, hari ini saya jauh lebih geram dengan para enabler ini sebab pengabaian dan ketiadaan tindakan mereka justru yang paling mengusik saya."


"Terima kasih atas pernyataan sikapnya. Tapi maaf, terlalu berbelit-belit." Tulis @ayacanina pada Instagram story-nya Kamis malam (10/02). -Inas