• Inas024

AC Milan Undang Rumah Angklung untuk Tampil di Milan Mei Nanti!


Melalui Angklung, teman-teman Rumah Angklung membuktikan bahwa Indonesia bisa diapreasiasi oleh tim sepak bola Italia, AC Milan. Awalnya pada tahun 2018, founder Rumah Angklung, Arif Sarifudin yang merupakan fans berat AC Milan mencoba untuk memberikan dukungan untuk klub sepak bola kesayangannya dengan mengaransemen anthem AC Milan yang berjudul Milan Milan (Inno AC Milan) menggunakan angklung. Ia mengajak anggota komunitas Rumah Angklung untuk memainkan lagu tersebut dan mempostingnya di sosial media. Respon positif diterima dari pecinta AC Milan di Indonesia yaitu "Milanisti Indonesia" dan tak disangka, ternyata pihak AC Milan juga me-repost karya mereka di akun Instagram resmi AC Milan saat memperingati hari musik dunia.


Rumah Angklung terbentuk sejak tahun 2011 yang berawal dari komunitas anak-anak muda yang peduli terhadap pelestarian dan pengembangan budaya Indonesia, khususnya Angklung. Didirikan oleh Arif Sarifudin dan Arny Dulishaputri, Rumah Angklung terus konsisten dengan program-programnya yang ingin menjadikan Angklung sebagai sebuah kebanggaan. Berbagai kegiatan dan prestasi telah mereka raih seperti mendapatkan GRANDPRIX pada "Worldcup of Folklore 2019" di Jesolo, Italia dan pada tahun 2021 lalu berhasil mengajak 1.500 tenaga kesehatan dan pasien covid-19 untuk bermain Angklung di RSDC Wisma Atlet.


Tahun 2021, Rumah Angklung dan Milanisti Indonesia mengeluarkan single berjudul "Milano Siamo Noi" sebagai hadiah spesial untuk AC Milan yang kembali masuk ke kompetisi Liga Champion setelah absen selama 7 tahun. Karya ini kembali diapresiasi, dan AC Milan memposting melalui akun sosial media mereka. Bulan April ini, Rumah Angklung kembali dikejutkan oleh manajemen AC Milan dengan datangnya undangan untuk tampil secara langsung di Casa Milan. Penampilan Rumah Angklung akan direkam AC Milan Media House yang kemudian rencananya akan dipublish di sosial media AC Milan.


"Bisa direspon melalui sosial media aja kita udah senang banget, apalagi di e-mail dan dikirim undangan langsung oleh manajemen AC Milan. Salut banget sama AC Milan yang sangat mengapresiasi fans mereka. Sebenarnya ini bisa jadi pengingat kita bahwa Indonesia bisa dilihat dan dihargai oleh dunia secara positif dengan menggunakan seni budaya kita sendiri. Tinggal bagaimana kita berkreasi dan berinovasi. Sekarang doakan aja nih kita bisa dapet sponsor dan dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah dalam waktu yang singkat, Rencana nya kita juga akan sekalian bikin video clip 'Milano Siamo Noi' di sana.", ucap Arny Dulishaputri, President of Rumah Angklung Indonesia.


Marshel Widianto dan Oki Rengga yang merupakan seorang stand-up komedian sekaligus member Milanisti Indonesia juga turut bangga dengan pencapaian Rumah Angklung. Mereka sangat mendukung prestasi ini.


"Keren banget sih temen-temen dari Rumah Angklung. Mereka tuh konsisten dengan yang mereka kerjakan sampe akhirnya diundang AC Milan. Itu WOW banget! Prestasi kayak gini, keterlaluan sih klo ngga kita dukung. Gw rencananya akan ikut dukung mereka bareng - bareng di Milan", ucap Marshel Widianto." Semua yang dikerjakan dari hati pasti sampai pesannya dan teman - teman Rumah Angklung sudah melakukan itu. Sampai ketemu di San Siro nanti! FORZA MILAN!", ucap Oki Rengga menanggapi dengan semangat.


Kabarnya, Rumah Angklung akan tampil di Milan pada 11 Mei 2022 nanti.